SMS Taujih

Semoga mendapat…
1 bulan sakinah
4 minggu keberkahan
30 hari keimanan
720 kebaikan ibadah
43200 menit qana’ah, dan
2592000 detik ketaqwaan
MARHABAN SYAHRUL MUBAROK,
MARHABAN SYAHROS SIYAM…
MARHABAN YA RAMADHAN,…
mohon maaf atas segala khilaf…
Selamat menunaikan ibadah puasa…
(Mas Sayid TI06)
ALLAH memberi kDEWASAAN ketika masalah berdatangan…
ALLAH melatih keTEGARAN dalam kesakitan…
ALLAH memberi keMUDAHan di balik keSULITan…
(Rizky TI08)
Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan carilah wasilah (jalan) untuk mendekatkan diri kepada-Nya dan berjihadlah (berjuang) di jalan-Nya, agar kamu beruntung, (QS.5:35).
Semoga Ramadhan kali ini dapat kita maksimalkan sebagai wasilah agar semakin dekat kepada Allah.
Kawan, Ramadhan tinggal menunggu jam saja, persiapkan diri agar tidak menjadi manusia merugi.
(Gilang, Ashabul Kahfi, T.Material08)
Sebelum nur dipadamkan, sebelum waktu habis, sebelum hidup berakhir, sebelum pintu tobat tertutup, sebelum Ramadhan datang, Taqabbalallahu minna waminkum, maaf lahir batin,
Marhaban Ya Ramadhan
(MSI Center)
Ya Rabb, berkahilah umur saudaraq ini, kuatkan azzamnya untuk istiqomah di Jalan-Mu. Lapangkanlah hatinya, berikan kesabaran dalam menghadapi segala masalah. jadikanlah ia menjadi orang yang benar-benar siap menghadapi bulan suci-Mu, agar setelah Ramadhan ;
memiliki hati yang paling lembut,
semangat yang paling tinggi,
pengorbanan yang paling tulus,
ukhuwah yang paling hangat,
pengabdian yang paling ikhlas,
karena ALLAH…
Aamiin.
(MSI Center)
Mengapa jika ada sms masuk kita cepat-cepat membaca dan membalasnya?
tapi kenapa saat masuk waktu shalat kita tidak cepat-cepat melaksanakan?
isi pulsa 10 ribu kita sanggup, tapi kenapa sodaqoh 10 ribu terasa berat?
waktu mandi, bermacam-macam lagu dinyanyikan,
tapi kenapa saat makan, bismillah pun kita lupa?
bila pulsa habis, susah payah kita tebus, tapi kenapa kita sulit menebus dosa2 yang telah kita lakukan?
Semoga kita tidak tergolong insan yang merugi.
mari kita berbenah diri sebagai bekal menuju Ramadhan.
Hal yang disunnahkan saat puasa Ramadhan :
-Menyegerakan berbuka puasa-
-Sahur, walau hanya dengan seteguk air-
-mengakhirkan sahur-
-berbuka dengan kurma-
 -Membaca doa buka puasa-
-memberi buka puasa kepada orang lain-
-mandi junub sebelum fajar bagi yang junub di malam hari-
-menekuni Shalat tarawih (Qiyamul lail) dan witir-
-memperbanyak membaca dan mentadabburi Alqur’an-
-memperbanyak amalan sunnah-
-meninggalkan caci maki-
-berusaha makan dari yang halal-
-bersungguh-sungguh di 10 malam terakhir-
Hal yang disunnahkan saat puasa Ramadhan :
-mencicipi makanan-
-bekam-
-banyak tidur dan terlalu kenyang-
-mandi dengan menyelam-
-memakai siwak setelah masuk dhuhur-
(Bahrowi ITS)

Kini Bulan Ramadhan sudah datang, bulan suci yang dinanti-nanti umat muslim sedunia, bulan dimana kita berlomba-lomba untuk mengharapkan berkah, rahmat, pahala, ampunan, serta lailatur qadar di dalamnya. Sungguh bulan yang penuh hikmah. Amalan-amalan yang kita kerjakan pun sangat berharga nilainya. Seperti amalan sunnah untuk melakukan shalat tarawih. Kelebihan shalat tarawih malam pertama ;  diampuni dosa orang-orang yang beriman sebagaimana keadaannya baru dilahirkan.
(MSI Center)
Malam 1 Ramadhan mari menjalankan shalat sunnah 2 rakaat dengan membaca surat Al Fath (juz 26 surat ke 48). Semoga kita diberi taufiq oleh Allah.
(Abu Dai Ilalloh)
Solusi mudah mengkhatam Alqur’an di bulan Ramadhan : Alqur’an itu terdiri dari hampir 600 halaman. Kalau dibagi dalam 30 hari menjadi 20 halaman per hari. Memang kalau diliat susah, tapi kalau dibagi dalam tiap shalat fardhu akan jadi mudah. Berarti baca setiap abis sholat 4 halaman (2 lembar). Kalo begini kamu akn mengkhatam Di akhir bulan ramadhan. Yuk sebarin ke saudra2(islam) kta Karena ALLAH.
(MSI Center)
Syarat sah puasa : (1) Islam, (2) Berakal, (3) Bersih dr Haid & nifas, (4) tahu waktu diperbolehkan puasa
Syarat Wajib puasa : (1) Islam, (2) Mukallaf (bligh&berakal), (3) Mampu mengerjakan puasa, tdk sakit, (4) Muqim (bkn musafir lebih dari 82km)
Rukun puasa : (1) Niat puasa (wajib di malam hari kalo ramadhan), (2) Menghindari perkara yang membatalkan puasa
(Bahrowi D3 T.Kimia ITS)
Doa malaikat jibril : “Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak memohon maaf terlebih dahulu: *kepada kedua orang tuanya(jika masih ada), *antara suami istri, *antara orang disekitarnya”. Maka Rasulullah pun mengatakan Aamiin sebanyak 3 kali. Dapat kita bayangkan, yang berdoa adalah malaikat dan yang meng-Amiin-kan adalah Rasulullah dan para sahabat, dan dilakukan pada hari Jum’at
(MSI Center)
Bismillah…
Kemenangan islam sungguh kita nantikan keberadaannya. Ada tiga tipe manusia, pertama : dia yang turut berjuang dg ikhlas sampai akhir hayatnya,, kedua : dia yang pada awalnya berjuang, kemudian berhenti karena tau resiko atau merasa sudah cukup atas perjuangan selama ini,, ketiga : dia sebagai penunggu, walaupun tahu bahwa berjuang untuk islam adalah sebuah kewajiban. Tipe manakah kita? Astaghfirullahal ‘adziim
(Mas Mirza HTI)
Malam itu adalah salah 1 malam yang Allah kabulkan semua doa, ampunan berlimpah, dihilangkan semua kesusahan dan dimerdekakan dari siksa neraka. Malam itu adalah malam hari raya para malaikat. Malam itu adalah malam diangkatnya amalan manusia selama 1 tahun. Pada bulan itu terjadi peristiwa perpindahan qiblat ke Masjidil Haram. Pada Bulan itu diturunkannya ayat anjuran shalawat kepada rasulullah. SUbhanAllah.. sungguh istimewa.. Malam itu adalah malam nisfu Sya’ban..
(Bahrowi D3 T.kimia ITS)
Kelebihan shalat tarawih malam ke 4 : orang yang mengerjakan shalat tarawih akan memperoleh pahala sebagaimana pahala yang diperoleh oleh orang-orang yang membaca kitab-kitab taurat, zabur, injil, dan Al qur’an.
(MSI Center)
Siapa yang menjamu orang yang berpuasa adalah baginya pahala sebagaimana orang yang berpuasa tanpa kurang sedikitpun daripada pahala orang berpuasa sesuatu, dan siapa yang menyiapkan untuk orang yang pergi berperang atau mengalihnya pada ahli keluarganya adalah baginya seperti pahalanya tanpa berkurang daripada pahalanya sesuatu, (HR. Imam Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Abu Daud, An Nasai, Ibnu Majjah, Ibnu Habban, Ahmad, dan Al Baihaqi)
(MSI Center)
Puasa = menjaga hawa nafsu. Puasa dapat dibagi menjadi 3 golongan :
1. Puasanya orang awam : menjaga perut dan kemaluan
2. Puasanya orang khusus : menjaga mata, tangan, telinga, mulut (seluruh tubuh)
3. Puasanya orang super khusus : menjaga hati, pikiran.
sumber : khutbah tarawih masjid manarul Ilmi ITS
(MSI Center)
Sesungguhnya pada pertukaran malam dan siang itu dan pada apa yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan-Nya bagi orang-orang yang bertakwa (QS. Yunus : 10)
(MSI Center)
Bismillah,,,
yakin dan percayalah pada Allah SWT selalu memilihkan yang terbaik dan paling bermanfaat untuk kita. Semoga Allah memudahkan dan member kemampuan kepada kita di setiap langkah kita
(Akh Erik Sugianto SDM IPTEK)
Jika seseorang mengerti kenapa dia diberi rizki, sungguh beruntung orang yang diberi harta yang sedikit karena ia memiliki sedikit tanggung jawab terhadap hartanya di akhirat nanti. Dan sungguh beruntung orang yang diberi harta yang banyak, karena ia dipercaya mampu membawa tanggung jawab yang besar. Semoga kita termasuk golongan orang yang dapat bertanggung jawab.
(MSI Center)
Orang kaya yang tidak bersedekah adalah orang miskin yang punya banyak uang. Orang miskin yang bersedekah adalah orang kaya yang punya sedikit uang. Barang siapa bersedekah maka Allah SWT akan mengganti 10 kali lipat. Ketahuilah bahwa Allah SWT tak mengingkari janji.
(MSI Center)
Dan kami tinggikan bagimu sebutanmu, karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (94:4-6)
(Akh Farizi Rachman Statistik08)
Hendaklah engkau menunaikan dengan baik hak dirimu dan orang lain secara sempurna tanpa kurang sedikitpun dan tanpa mengulur-ulur waktu dan menundanya (Hasan Al Banna)
(Mbak Sarah TI07)
Beberapa serangan internal yang menyebabkan rusaknya ukhuwah :
1. Kebodohan
2. Kedengkian
3. Merasa benar sendiri
(Ustadz Abdullah Sahab)
Maka belajar adalah satu hal. Tetapi mengambil pelajaran adalah hal lain. Belajar itu penting. Tetapi mengambil pelajaran jauh lebih penting. Berilmu itu harus. Tapi tanpa mengambil pelajaran maka ilmu tidak banyak member perubahan. Berpengetahuan itu satu hal, dan mengambil pelajaran adalah satu hal lain.
(Akh Adam SDM IPTEK)
Kesendirian, salah satu fase kehidupan yang akan atau sudah kita lalui dalam barisan ini. Tak lain Allah memberikan nikmat ini agar kita bias bersyukur ketikan berhimpun dalam kebersamaan. “sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh”. Selamat menjalankan dan menikmati manisnya amanah ini pada posisi dan peran kita. Allaha ma’ana.
(Mbak Nurul Hudaningsih TI07)
Syetan mencegah manusia :
1. Jangan sampai senang belajar Al qur’an dan sunnah
2. Jangan sampai senang nasehat dan hadir majelis ilmu dan dzikir
3. Jangan sampai senang pada ulama
4. Jangan sampai bersahabat dengan orang sholeh
5. Jangan sampai manusia beribadah, sholat, puasa, haji, dzikir, dsb (QS. 58:19)
6. Jangan sampai manusia senang berderma (QS. 2:286)
7. Jangan sampai menikah
8. Jangan sampai jujur
9. Jangan sampai senang dakwah dan jihad
10. Jangan sampai ikhlas dan istiqomah
sumber : Ust. Arifin Ilham
(Bahrowi D3 t.kimia ITS)
Ya Allah, temani saudaraku ini di kala ia senang maupun sedih. Kuatkan lahir dan ruhiyahnya untuk menjadi yang terbaik di mata-Mu. Sesungguhnya engkau adalah sebaik-baik penolong. Aamiin.
dear MSI, keep efforts for exam. I’ve never stopped to pray for U’r best. Always keep up healthy, pray to Allah, dear. Get focus on your exam. Barakallah.
(Akh Rizki Ade S.R. TI08)
Barang siapa beribadah kepada Allah karena mengharap keuntungan, itulah ibadahnya pedagang. Barang siapa beribadah kepada Allah karena takut siksa, itulah ibadahnya budak.
barang siapa beribadah kepada Allah karena cinta, itulah ibadahnya hamba yang merdeka.
(Ali Bin Abi Thalib)
Bila Allah mencintai hamba-Nya, maka hamba itu :
1. Allah beri kesempatan untuk bertobat
2. Merasakan manisnya iman
3. Khusyu’ dalam beribadah
4. Semangat beramal shaleh
5. Allah hiasi dengan ikhlas dan tawadhu’
6. Diberkahi rizkinya
7. Dimudahkan urusannya
8. Diijabahi do’anya
9. Khusnul khatimah
ini semua buah KESUNGGUHAN mendekat kepadanya
(QS. 25:70, QS.39:5, QS. 23:1-2, QS.10:62, QS. 24:21, QS.41:30-31)
surga… itulah obsesi kita. Milikilah harta dengan infaq dan shadaqah. Miliki waktu dengan mencari ilmu. Miliki ilmu dengan mengajarkan dan menularkan pada orang lain. Miliki harga diri dengan karya besar. Miliki jiwa dengan cinta. Miliki cinta dengan memberi. Miliki kehormatan dengan menjaga diri. Miliki keselamatan dengan melindungi. Miliki akhlak mulia dengan pembiasaan. Miliki kebahagiaan dengan kelapangan dan keikhlasan. Miliki hati dengan mensucikan hati..,
semangat pagi kawan…!!
(Mbak Jumie Sephy Rahayu TI07)
10 penyebab matinya hati :
1. Tahu Allah tapi tidak melaksanakan hak-Nya
2. Cinta Rasulullah tapi ga senang sunnah
3. Baca Qur’an tapi ga mengamalkan
4. Makan nikmat Allah tapi ga syukur
5. Tahu kalo setan adalah musuhnya tapi ga berpaling
6. Tahu kalo surge itu benar tapi ga beramal shaleh
7. Tahu kalo neraka itu benar tapi ga lari darinya
8. Tahu kalo maut itu benar tapi ga siap-siap
9. Mengurangi tidur tapi sibuk dengan aib orang lain dan lupa dirinya
10. Ikut mengebumikan mayyit tapi ga ngambil I’tibar darinya
a’inna ‘alaa dzikrik wa syukrik…
(Bahrowi D3 T.Kimia ITS)
Memang seperti itulah dakwah. Dakwah adalah cinta. Dan cinta akan meminta semuanya dari dirimu. Sampai pikiranmu, sampai perhatianmu, berjalan, duduk, dan tidurmu. Bahkan di tengah lelapmu, isi mimpimu pun tentang dakwah. Tentang umat yang engkau cintai. Lagi-lagi memang seperti itulah dakwah. Menyedot sari pati energimu, sampai tulang belulangmu, sampai daging terakhir yang menempel di tubuh rentamu. Tubuh yang luluh lantak diseret-seret… tubuh yang hancur lebur dipaksa berlari… memang seperti itulah dakwah..
mari kita singkirkan hawa nafsu, utamakan tujuan bersama hanya untuk mencari ridho-Nya.
(MDK ITS)
Potensi kita ibarat AIR. Di dalamnya tersimpan potensi RAKSASA, menjadi KEKUATAN DAHSYAT yang deras tersimpan dan SIAP MEMANCAR ke segala arah. Bila MENGGENANG maka ia akan berUBAH WARNA. Bila mengALIR, ia akan meNYUBURkan. Bila berGERAK akan mengHIDUPkan. Bila diKELOLA akan member keMANFAATAN. Bila diBIARkan akan memBAHAYAKAN…
so,.. tunggu apalagi? Segere ALIRkan energy positifmu untuk terus berGERAK membawa keMANFAATAN bagi orang disekitarmu… SEMANGAT PAGI….
(Mbak Jumie Sephy Rahayu TI07)
5 hijab hati :
1. Dzunub : tumpukan dosa tanpa diiringi dengan kesungguhan tobat
2. Jahlu : sangat pintar ilmu dunia tapi bodoh dan malas belajar islam
3. Ittiba’ hawa : para pemanja nafsu
4. Hubbuddunya : tak kenal halal haram karena cintanya terhadap dunia
5. Syeiton yurokibuh : karena 1-4 maka setan dengan mudah menundukkannya sampai tak sadar manusia dalam sesat (QS. 7:175)
(Bahrowi D3 T.Kimia ITS)
JUJUR itu dahsyat. Benar-benar obat yang mujarab. Gunakan resep KEJUJURAN untuk mengobati tubuhmu yang terluka, membenahi pikiranmu yang ternoda, ataupun menguatkanmu yang telah lelah oleh berbagai masalah. Seperti diagnosis dokter, kita harus JUJUR kalo tidak ingin sakit semakin parah. JUJUR untuk sembuh. Menyelamatkan diri dari segala penyakit hati, menghindarkan diri dari segala musibah dan menghadirkan kehidupan penuh barokah. Ayo kawan mulailah dari diri sendiri untuk melatih keJUJURan.. Semangat Pagi …^_^
(Mbak Jumie Sephy Rahayu TI07)
… RENDAH HATI BUKAN berarti rendah diri. RENDAH HATI adalah MANAJEMEN DIRI. Membangun harga diri dengan MENGHARGAI orang lain. Membangun keMULIAan dengan pondasi keBAIKan. KUAT mempengaruhi seperti GARAM, TERASA meski tak KELIHATAN. Seperti GUNUNG ES, bersahaja penuh keYAKINan. Teguh. Mantap. Lahir dari keJUJURan. Mewujud dalam keSETIAan. Setia pada nilai dan keyakinan. Setia pada keBAIKan yang lebih besar. Setia pada ikatan PERSAHABATAN. Selamat PAGI saudara/i-ku calonpenghuni surge. Awali hari dengan BISMISLLAH..”
(Mbak Jumie Sephy Rahayu TI07)
Untuk PRAJURIT ALLAH..
cukuplah ALLAH saja yang memelihara ketekunan kita karena perhatian manusia terkadang menghanyutkan keikhlasan. Semoga ALLAH menjadikan kita pribadi yang bermakna, pribadi yang saat berbaur mampu menyemangati yang lain dan saat sendiri mampu menguatkan diri sendiri.
SEMANGAT UNTUK TERUS MEWARNAI KAMPUS INI AGAR LEBIH ISLAMI
(Mbak Nurul Hudaningsih TI07)
Tilawah reminder :
saat Anda membawa Alqur’an, setan biasa-biasa saja.
saat Anda membukanya, setan mulai curiga.
saat Anda membacanya, Ia gelisah.
saat Anda memahaminya, ia kejang-kejang
saat Anda mengamalkanAlqur’an dalam kehidupan sehari-hari, ia stroke.
terus baca dan amalkan Alqur’an agar setan stroke total, jantungan, bahkan mati.
Let’s fighting for Islam.
(Heri Parengan)
Get The Spirit…
Dengar suara adzan.. tak dihiraukan atau nanti sajalah..
tapi dengar suara HP,, wow,, langsung segera diambil..
Astaghfirullah..
Baca Al qur’an seperti orang mengeja,
tapi.. kalo baca sms.. buseett lancarnya..
Astaghfirullah..
beli pulsa.. siapa takut!!..
tapi kalo sedekah.. katanya,, kantong lagi sekarat..
Astaghfirullah..
pegang tasbih.. 1x dalam setahun..
tapi pegang HP.. dibawa selalu, walau tidur sekalipun..
Astaghfirullah
Mari Saling mengingatkan, sebar…
(Agil Septiyan H. TI08)
Hidupmengajari kita untuk bersyukur di pagi hari, bekerja keras di siang hari, beristirahat dan mengambil hikmah di sore dan malam hari.
Allah tau perjuanganmu, DIA tau berat’a kegiatanmu, DIA pun tau betapa penat dan lelah’y dirimu, DIA juga tau berkurang’a jatah santaimu selama ini. Tetaplah berjuang, DIA sudah siapkan untukmu balasan terbaik.
(Mbak Jumie Sephy Rahayu TI07)
Selalu ada “kejutan” yang dipersiapkan Allah bagi hambanya yang tidak pernah letih untuk mengayunkan langkah.. Tetap berlari kejar mimpimu, yakinlah janji Allah itu pasti.
(Akh Rahmat R. Batubara SDM IPTEK)
Dari AIR kita belajar ketenangan.
dari BATU kita belajar ketegaran.
dari TANAH kita belajar kehidupan.
dari KUPU-KUPU kita belajar berubah.
dari PADI kita belajar rendah hati.
dari ALLAH kita belajar tentang kasih sayang yang sempurna.
melihat ke atas kita memperoleh semangat untuk maju.
melihat ke bawah kita bersyukur atas semua yang ada.
melihat ke samping membuat kita punya semangat kebersamaan.
melihat ke belakang kita punya pengalaman berharga.
melihat ke dalam membuat kita koreksi diri.
melihat ke depan membuat kita jadi lebih baik.
(Mbak Jumie Sephy Rahayu TI07)
Hidup adalah belajar.
belajar bersyukur meski tak cukup.
belajar ikhlas meski tak rela.
belajar taat meski berat.
belajar memahami meski tak sehati.
belajar sabar meski terbebani.
belajar dan terus belajar dengan keyakinan setegar karang.
Semangat…!!
(Mbak Jumie Sephy Rahayu TI07)
Ibnu Abbas R.A berkata, ketika Rasulullah berpuasa pada hari ‘asyuro dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa pada hari tersebut, mereka berkata;”wahai Rasulullah, sesungguhnya hari itu adalah hari yang diagungkan kaum yahudi dan nasrani!”. Beliau SAW bersabda; “insyaALLAH, pada tahun yang akan dating, kami akan (menyertai dengan) berpuasa pada tanggal Sembilan (muharram)”(HR. Muslim).
Hari arafah adalah hari kesembilan dari bulan Dzulhijjah, yang mana bagi jamaah haji diwajibkan untuk wuquf di padang arafah. Bagi mereka yang tidak mengerjakan ibadah haji, disunatkan berpuasa.
Abi Qatadah Al Ansari bertanya pada Rasulullah SAW mengenai puasa hari Arafah. Maka Rasulullah SAW menjawab, yang artinya : dikaffarah (ampun dosa) setahun lalu dan setahun akan datang.
(HR Imam Muslim, Tarmidzi, Ibnu Khuzaimah, dan Baihaqi)
(MSI Center)
Berterima kasihlah pada orang yang telah melukai hatimu karena dia telah membuatmu kuat.
berterimakasihlah pada orang yang telah mengingkarimu karena itu akan membuatmu mengerti arti sebuah janji.
berterimakasihlah pada orang yang membohongimu karena dia membuat hidupmu lebih bijaksana.
berterimakasihlah pada orang yang menghianatimu karena itu akan membuatmu mengerti arti kesetiaan.
berterimakasihlah pada orang yang membencimu karena dia mengasah ketegaran batinmu.
berterimakasihlah pada orang yang mencintaimu karena dial ah ANugerah terindah dalam hidupmu.
berterimakasihlah pada Yang Telah Menciptakanmu, karena Dia lah yang memberikan segalanya untukmu.
(Mei Riahta SMA 111 Jkt)
Muslim sejati itu selalu tampak santai dalam kesibukan, tersenyum dalam kesedihan, tenang di bawah tekanan, tabah dalam kesulitan, dan selalu optimis di depan tantangan.
(Akhi Umar Affandi TI08)
Setiap 1/3 malam terakhir ALLAH menyeru :
YANG BERDOA KU KABULKAN, YANG BERISTIGHFAR KU AMPUNI, YANG BERTAUBAT KU TERIMA TAUBATNYA.
(MSI Center)
Apabila sudah tiba Ramadhan, dibuka pintu-pintu surga dan ditutup semua pintu neraka dan diikat semua syaitan. (HR. Bukhari, Muslim, Nasa’I, Ahmad, dan Baihaqi)
(MSI Center)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s